CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
PREDIKSI UN MATEMATIKA SMP/MTs
TAHUN 2010
1. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
* Indikator Soal
Diberikan bentuk p = a, q = b, dan r =c dengan a, b, dan c bilangan bulat, siswa dapat
menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat
* Soal
Jika p = -2, q = 3, dan r = -4
maka hasil dari -6p : q + 3(3r – 2q) adalah ....
A. - 36 C. - 86
B. -50 D. -122
* Kunci Jawaban: B
* Pembahasan
-6(- 2) : 3 + 3 (3( – 4) – 2x3) = 12 : 3 + (-12 – 6)
= 4 + 3(-18)
= 4 – 54
= -50
2. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
* Indikator Soal
Diberikan bentuk a : b – c x d + e, dengan a, dan d pecahan campuran dan b, c, e pecahan
biasa, siswa dapat menentukan hasilnya
* Soal
Hasil dari adalah ....
A. C.
B. D.
* Kunci Jawaban: C
* Pembahasan
: – x + = 3 – 1 + =
3. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
* Indikator Soal
Disajikan sebuah cerita yang berkaitan degan pecahan tentang masalah pembagian uang,
siswa dapat menentukan sisa dari hasil yang diperoleh ketiga anak yang sudah diketahui
bagiannya.
* Soal
Pak Budi mempunyai uang sebesar Rp4.800.000,00. Uang tersebut dibagikan kepada empat
orang anakanya. Anak pertama mendapat bagian, anak kedua mendapat bagian, dan
anak ketiga mendapat bagian, sedangkan anak keempat mendapat sisanya. Jumlah uang
yang diperoleh anak keempat adalah ....
A. Rp800.000,00 C. Rp200.000,00
B. Rp400.000,00 D. Rp120.000,00
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
x Rp4.800.000,00 = Rp2.000.000,00
x Rp4.800.000,00 = Rp800.000,00
x Rp4.800.000,00 = Rp1.800.000,00
Jumlah uang yang diterima ketiga anak = Rp 4.600.000,00
Uang yang diterima anak keemat = Rp 4.800.000,00 – Rp4.600.000,00
= Rp200.000,00
4. Kemampuan yang diuji
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
Indikator Soal :
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan konsep perbandingan
Berbalik nilai
Soal
Pemborong dapat menyelesaikan pembangunan rumah selama 30 hari dengan 15 pekerja,
karena suatu hal pekerjaan harus selesai selama 25 hari, berapa banyak pekerja yang
Harus ditambah
a. 3 Orang c. 16 Orang
b. 10 orang d. 18 Orang
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
30 hari 15 Pekerja
25 Hari X Pekerja
X = 30 / 25 x 15 Pekerja
= 18 Pekerja
Pekerja yang harus ditambah untuk menyelesaikan pembangunan rumah
18 pekerja – 15 pekerja = 3 pekerja
5. Kemampuan yang diuji .
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Jual beli
Indikator Soal.
Siswa dapat menghitung prosentase untung jika harga pembelian dan penjualan diketahui
Soal
Harga pembelian 120 buku tulis adalah Rp. 180.000,00 jika buku tersebut dijual perlusin
seharga Rp.20.000,00 maka prosentase untung yang diperoleh adalah
a. 20 % c. 10 %
b. 11 9%
1 d. 9 %
Kunci Jawaban B
Pembahasan .
Beli 120 buku tulis = Rp. 180.000,00
Jual 1 lusin buku tulis = Rp. 20.000,00
Jual 120 buah buku tulis = 120/12 x Rp.20.000,00
= Rp.200.000,00
Prosentase untung = U/ B x 100 %
= Rp.20.000,00 / Rp. 180.000,00 x 100 %
= 11 9%
1
6. Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan perbankan dan koperasi
Indikator soal
Siswa dapat menghitung jumlah uang yang diterima setelah dipotong bunga pada
Koperasi
Soal
Budi mendapat pinjaman pada koperasi sebesar Rp.75.000.000,00 dengan bunga 26 %
pertahun. Jumlah uang budi setelah dipotong bunga setahun adalah.....
a. Rp.75.000.000,00 c. Rp.56.500.000,00
b. Rp.55.500.000,00 d. Rp.73.125.000,00
Kunci Jawaban B
Pembahasan soal
Besar uang pinjaman Rp.75.000.000,00
Bunga koperasi pertahun dibayar langsung = 26/100 x Rp.75.000.000,00
= Rp.19.500.000,00
Sisa uang yang diterima Budi = Rp.75.000.000,00 – Rp.19.500.000,00
= Rp.55.500.000,00
7. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
* Indikator Soal
Disajikan cerita seseorang meminjam uang pada sebuah koprasi dengan bunga pertahun
dan akan dicicil selama – n bulan, peserta didik dapat menentukan besar angsuran/cicilan
pada setiap bulannya.
* Soal
Bapak Hendra mempunyai pinjaman sebesar Rp600.000,00 kepada Koprasi sekolah
dan akan diangsur tiap bulan , selama 4 bulan. Jika bunga pinjamannya 18 % per tahun,
besar angsuran berikut bunga tiap bulannya adalah... .
Jawaban:
A. Rp 708.000 C. Rp177.000,00
B. Rp636.000,00 D. Rp159.000,00
* Kunci Jawaban: D
* Pembahasan
Bunga pinjaman selama- n bulan =
12
n x Persen bunga pertahun x Pinjaman
Bunga pinjaman selama 4 bulan =
12
4 × 18% × Rp600.000,00 = Rp36.000,00
Jumlah pinjaman berikut bunganya = Pinjaman + bunga
= Rp600.000,00 + Rp36.000,00
= Rp636.000,00
Besar angsuran tiap bulan = Rp636.000,00 : 4
= Rp159.000,00
8. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan
* Indikator Soal
Disajikan soal cerita masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan tentang
jumlah kursi pada pada barisan kursi dalam sebuah ruangan ,peserta didik dapat
menentukan jumlah kursi pada baris tertentu.
* Soal
Disebuah ruang pertunjukan terdapat beberapa barisan kursi ,pada baris paling depan
tersedia 20 kursi, baris dibelakangnya selalu tersedia 6 kursi lebih banyak dari baris
didepannya. Jika diruang itu tersedia 12 baris, banyak kursi pada baris ke-12 adalah….
a. 68
b. 74
c. 80
d. 86
* Kunci Jawaban: D
* Pembahasan
Baris Pertama = 20
Baris Kedua = 26
Baris Ketiga = 32
Baris keempat = 38
Barisan bilangannya : 20, 26, 32, 38, ….
Aturan barisan tersebut adalah bilangan selanjutnya diperoleh dari bilangan sebelumnya
ditambah 6.
Sehingga Pola bilangan ke-n = 6n + 14
Maka Jumlah kursi baris ke-12 = 6x 12 + 14
= 72 + 14
= 86 Kursi
9. * Kemampuan yang Diuji :
Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
* Indikator Soal
Diberikan dua bentuk aljabar kuadrat suku dua , peserta didik dapat menentukan hasil
dari penjumlahan kedua bentuk tersebut.
* Soal
Hasil Penjumlahan 4(x – y)2 dengan 2(x + y)2. adalah ... .
A. 20x2 - 24xy + 20y2 C. 20x2 - 12y2
B. 6x2 - 4xy + 6y2 D. 6x2 - 2y2
* Kunci Jawaban: B
* Pembahasan
4(x – y)2 + 2(x + y)2. = 4 (x2 – 2xy + y2 ) + 2 ( x2 + 2xy + y2 )
= 4x2 – 8xy + 4y2 + 2x2 + 4xy + 2y2
= 4x2 + 2x2 – 8xy + 4xy + 4y2+ 2y2
= 6x2 - 4xy + 6y2
10.* Kemampuan yang Diuji
Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
* Indikator Soal
Menentukan hasil operasi hitung pembagian kuadrat bentuk aljabar
* Soal
Diketahui A = (2x - 3y)2 dan B = 4x2 - 9y2.
Hasil B ÷ A adalah ....
A.
x y
x y
2 3
2 3
C.
x y
x y
2 3
2 3
B.
x y
x y
2 3
2 3
D.
x y
x y
2 3
2 3
* Kunci Jawaban : D
* Pembahasan
B ÷ A = (4x² - 9y² ) ÷ (2x - 3y )²
= (2x + 3y ) ( 2x – 3y) ÷ (2x - 3y )( 2x - 3y )
= (2x + 3y) ÷ ( 2x - 3y )
11. Kemampuan yang Diuji
Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
* Indikator Soal
Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar ,dengan pembilang hasil perkalian bentuk
aljabar suku dua dan penyebutnya selisih dua kuadrat
* Soal
Bentuk sederhana dari
9 25
3 2 5
2
2
x
x x adalah ....
A.
3 5
1
x
x C.
3 5
1
x
x
B.
3 5
1
x
x D.
3 5
1
x
x
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
9 25
3 2 5
2
2
x
x x =
(3 5)(3 5)
(3 5)( 1)
x x
x x
=
(3 5)
( 1)
x
x
12. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Indikator Soal
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel yang berkaitan dengan jarak,
waktu dan kecepatan.
* Soal
Ali mengendarai mobil dan Beni mengendarai sepeda motor berangkat bersamaan dan
menempuh jarak yang sama. Kecepatan mobil 60 km/jam sedangkan kecepatan sepeda
motor 45 km/jam. Beni tiba di tempat tujuan 2 jam setelah Ali tiba. Waktu yang
diperlukan Beni untuk menempuh jarak tersebut adalah….
A. 6 jam C. 23 jam
B. 8 jam D. 25 jam
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
Misalkan lamanya pengendara mobil t jam, maka lamanya pengendara sepeda motor
sampai di tujuan : (t + 2) jam.
Jarak yang ditempuh mobil = jarak yang ditempuh sepeda motor
60 t = 45 ( t +2 )
60 t = 45 t + 90
60 t – 45 t = 90
15 t = 90
T = 90/15
T = 6
Waktu yang diperlukan sepeda motor adalah (6 + 2 ) jam = 8 jam
13. Kemampuan yang diuji
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
Indikator soal
Diberikan dua himpunan dalam bentuk notasi, peserta didik dapat menentukan gabungan
dari kedua himpunan tersebut.
Soal
Diketahui P = {x 5 x 9, x bilangan bulat}
Q = {x 3 x 15, x bilangan prima}.
Maka P Q = ….
A. {3,5,6,7,8,9,11,13,15} C. {5,6,7,8,11,13}
B. {3,5,6,7,8,9,11,13} D. {5,7}
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
P ={5,6,7,8,9} Q = {3,5,7,11,13}
P Q = {3,5,6,7,8,9,11,13}
14. Kemampuan yang diuji
Soal cerita berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
Indikator soal
Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat menyelesaikan
dengan menggunakan konsep irisan atau gabungan dua himpunan.
Soal
Dalam suatu kelas terdapat 40 orang peserta didik, yang gemar menari 26 orang dan yang
gemar musik 22 orang. Peserta didik yang gemar menari dan bermain musik adalah....
A. 4 orang C. 14 orang
B. 8 orang D. 18 orang
Kunci Jawaban : C
Pembahasan
Misalkan : Himpunan peserta didik yang gemar menari A dan yang gemar bermain
musik B.
n(AUB)= n(A) + n(B) – n(A B)
40 = 26 + 22 – n(A B)
n(A B)= 48 – 40
= 8
Jadi persentase peserta didik yang gemar menari dan bermain musik adalah 8 orang
15. Kemampuan yang diuji :
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Indikator soal :
Diberikan rumus fungsi g(x)= ax + b , a dan b bilangan bulat, peserta didik dapat
menentukan daerah hasil fungsi tersebut.
Soal :
Fungsi g ditentukan dengan rumus g(x)= -2x -3 , dengan x 0,1,2,3,4,5. Daerah hasil
fungsi g adalah....
A. 3,5,7,9,11,13 C. 3,1,1,3,5,7
B. 3,1,1,3,5,7 D. 3,5,7,9,11,13
Kunci Jawaban : D
Pembahasan
g(x) = -2x -3
g(0) = -2.0 – 3 = -3
g(1) = -2.1 – 3 = -5
g(2) = -2.2 – 3 = -7
g(3) = -2.3 – 3 = -9
g(4) = -2.4 – 3 = -11
g(5) = -2.5 – 3 = -13
jadi himpunan daerah hasil fungsi g adalah 3,5,7,9,11,13
16. * Kemampuan yang diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator soal
Diberikan suatu persamaan garis lurus k dan satu titik (a,b), peserta didik dapat
menentukan persamaan garis yang sejajar dengan garis k dan melalui titik (a,b)
* Soal
Persamaan garis lurus yang sejajar dengan garis 3x – 4y + 5 = 0 dan melalui titik (-1,5)
adalah….
A. 4x + 3y – 11 = 0 C. 3x – 4y + 23 = 0
B. 4x – 3y + 11 = 0 D. 3x + 4y – 17 = 0
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan :
garis 3x – 4y + 5 = 0 berbentuk Ax + By + C = 0
maka m = -
B
A =
4
3
Persamaan garis melalui titik (a,b) dengan gradien m adalah
(y-b) = m (x-a) dengan m =
4
3 dan (a,b) = (-1,5) maka
(y-5) =
4
3 (x+1) (kedua ruas dikali 4)
4y – 20 = 3x + 3
4y-3x-20-3 = 0 (kedua ruas dikali -1)
3x-4y + 23 = 0
17. * Kemampuan yang diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator soal
Diberikan grafik suatu persamaan garis lurus k peserta didik dapat menentukan
persamaan garis k
* Soal
Grafik disamping menunjukkan persamaan garis….
A. -3x + 4y = 12 C. 3x – 4y – 12 = 0
B. 3x – 4y = - 12 D. 4x – 3y + 12 = 0
00
-3
4 x
y
K
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
persamaan garis melalui titik (x1, y1) dan (x2, y2) adalah
2 1
1
2 - 1
1
x x
x x
y y
y - y
dengan
(x1,y1) = (0,-3) dan (x2, y2) = ( 4,0) maka
4 0
x 0
0 ( 3)
y - (-3)
4 0
x 0
0 3
y 3
4
x
3
y 3
4y + 12 = 3x
4y – 3x + 12 = 0 (kedua ruas kali -1)
3x – 4y – 12 = 0
18 * Kemampuan yang diuji
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
* Indikator soal
Ditentukan dua PLDV peserta didik dapat menentukan nilai PLDV yang ketiga
* Soal
Jika 3x + 4y = -10 dan 4x – 5y = -34, maka dari 8x + 3y adalah….
A. -54 C. 42
B. -42 D. 54
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan : 3x + 4y = - 10 4
4x – 5y = - 34 3
12x + 16y = - 40
12x – 15y = - 102
31y = 62
y = 2
3x + 4y = -10
3x + 4.2 = -10
3x + 8 = -10
3x = - 18
x = - 6
maka 8x + 3y = 8.(-6) + 3.2
= -48 + 6
= -42
19 * Kemampuan Yang Diuji
Panjang sisi segitiga siku-siku
* Indikator Soal
Diberikan gambar sebuah tangga yang bersadar ke tembok siswa dapat menentukan
tinggi tembok bila salah satu unsur-unsur yang diperlukan diketahui
* Soal
Gambar di bawah adalah sebuah tangga yang bersandar pada tembok. Bila jarak antara
kaki tangga dengan tembok 3 meter, panjang tangga 5 meter dan tinggi tembok 6,2
meter, maka jarak bagian atas tembok dengan ujung atas tangga adalah .....
Kunci Jawaban = B
Pembahasan
D
C
5m
A 3 m B
A. 4,2 m
B. 2,2 m
C. 2,0 m
D. 1,2 m
Perhatikan gambar diatas!
Segitiga ABC siku-siku di A . DA tegak lurus AB maka panjang AC adalah....
4
52 32 2
2 2 2
AC
AC
BC AB AC
Jadi selisih bagian atas tembok dengan ujung atas tangga = 6,2 – 4 = 2,2 cm
20.* Kemampuan Yang Diuji
Soal cerita yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
*Indikator Soal
Diberikan gambar siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan teorema
Pythagoras
* Soal
Dua buah tiang berjarak 8 meter seperti terlihat pada gambar, bila tinggi tiang masingmasing
adalah 7 m dan 1 m, panjang kawat penghubung antara ujung tiang tersebut
adalah ....
A. 9 m C. 11 m
B. 10 m D. 14 m
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
Buat sketsa gambar lengkap dengan ukuran pada setiap ruas garis – ruas garis nya
seperti terlihat pada gambar.
D
6 m
E 8m C
1 m 1m
A 8 m B
Perhatikan gambar Δ EDC siku-siku di E
10
100
64 36
8 6
2
2 2 2
2 2 2
CD
CD
CD
CD
CD EC ED
21 * Kemampuan Yang Diuji
Luas gabungan beberapa bangun datar
* Indikator Soal
Diberikan gambar persegi panjang dengan setengah lingkaran pada tiga sisi persegi
panjang tersebut, siswa dapat menghitung luas daerah nya bila unsur-unsur yang
diperlukan diketahui
Soal
Perhatikan gambar berikut!
Luas daerah bangun di atas adalah ....
A. 718 cm2 C. 338,5 cm2
B. 450 cm2 D. 213,5 cm2
* Kunci jawaban : D
* Pembahasan
Perhatikan gambar
ABCD adalah persegi panjang AB = CD = 14 cm
AD = BC = 7 cm
Jari-jari ½ lingkaran I dan II = 3,5 cm
Jari-jari ½ lingkaran I I I = 7 cm
L.I = 7 X 14 = 98 cm2
L.II + L.III = ½ x 2 x Π x r2 , ( L.II = L.III )
= Π x r2
=
= 38,5 cm2
L.IV = ½ x Π x r2
= 7 7
7
22
2
1 x x x
= 77 cm2
Jadi luas bangun datar tersebut = L.I + L.II + L.III
= 98 cm2 + 38, 5 cm2 + 77 cm2
= 213,5 cm2
22. * Kemampuan yang diuji
Menghitung luas bangun datar
* Indikator soal
Diberikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar, peserta didik dapat
menyelesaikannya.
* Soal
Sebuah halaman rumah bagian tengahnya berbentuk belah ketupat yang ukuran
diagonalnya 16 m dan 24 m. Bagian tengah halaman rumah tersebut akan ditanami
rumput. Jika harga rumput Rp15.000,00/m² maka biaya yang diperlukan untuk
menanam rumput tersebut adalah ….
A. Rp1.440.000,00 C. Rp5.760.000,00
B Rp2.880.000,00 D. Rp11.520.000,00
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan
Luas halaman rumah bagian tengah =
2
d1xd2
=
2
24x16
= 192 m²
Biaya yang diperlukan = 192 x Rp15.000,00
= Rp1.440.000,00
23. * Kemampuan yang diuji
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan
sehari-hari
* Indikator soal
Menghitung keliling gabungan segitiga dan trapesium siku-siku, bila diberikan
gambarnya dengan ukuran yang diperlukan.
* Soal
A
E
B
C
D
20 cm
16 cm 3 cm
Perhatikan gambar di atas !
ABCD merupakan trapesium siku-siku. Panjang CD =
5
1 DE. Keliling bangun di atas
….
A. 46 cm C. 64 cm
B. 54 cm D. 72 cm
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
CD =
5
1 DE
3 =
5
1 DE
DE = 15 cm
AE = 202 152
AE = 400 225
AE = 625
AE = 25 cm
AB = 32 (20 16)2
AB = 9 16
AB = 25
AB = 5 cm
Keliling bangun tersebut = AB + BC + CD + DE + AE
= 5 + 16 + 3 + 15 + 25
= 64 cm
24. * Kemampuan yang diuji
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan
sehari-hari
.
* Indikator soal
Disajikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar, peserta didik dapat
menyelesaikannya.
* Soal
Arman berlari 3 putaran mengelilingi lapangan berbentuk persegi panjang dalam waktu
12 menit. Kecepatan lari Arman 85 m/menit. Jika lebar lapangan 70 m, panjang
lapangan ….
A. 95 m C. 105
B. 100 m D. 110
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
Keliling lapangan = 2p + 2l
3
12x85 = 2p + 2(70)
3
1.020 = 2p + 140
340 = 2p + 140
2p = 340 – 140
2p = 200
p =
2
200
p = 100 m
25. Kemampuan yang di uji:
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator soal :
Diberikan soal cerita tentang sebidang tanah yang berbentuk persegi panjang dengan
panjang dan lebar yang belum ditentukan dan luas yang diketahui, peserta didik dapat
menghitung kelilingnya.
Soal :
Pak Ahmad membeli sebidang tanah yang berbentuk persegipanjang dengan panjang (3x –
3) m dan lebar (x + 1) m. Sedangkan luasnya adalah 72 m2 , maka keliling sebidang tanah
yang dibeli pak Ahmad adalah ... .
A. 20 m C. 36 m
B. 24 m D. 48 m
Kunci jawaban : C
Pembahasan
Luas sebidang tanah tersebut = p x l
72 m2 = (3x – 3) X (x + 1) m2
72 m2 = 3x2 – 3 m2
3x2 = 72 + 3
3x2 = 75
x2 = 75 : 3
x2 = 25
x = V25
x = 5
Jadi panjang sebidang tanah tersebut = (3.5 – 3) m
= (15 – 3) m
= 12 m
Sedangkan lebar sebidang tanah tersebut = (x + 1) m
= (5 + 1) m
= 6 m
Maka keliling sebidang tanah tersebut = 2(p + l) m
= 2 (12 + 6) m
= (2 X 18) m
= 36 m
26. Kemampuan yang di uji :
Menghitung besar sudut pada bidang datar.
Indikator soal :
Disajikan gambar sebuah segitiga dengan besar salah satu sudutnya diketahui, peserta
didik dapat menentukan besar sudut yang lainya.
Soal :
Perhatikan gambar segitiga ABC!
Besar ABC adalah ... .
A. 12° C. 48°
B. 16° D. 72°
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
60° + 6x° + 4x° = Jumlah besar sudut segitiga ABC
60° + 10x° = 180°
10x° = 180° - 60°
10x° = 120°
x° = 120° : 10
x° = 12°
Jadi besar ABC = 4x°
= 4.12°
= 48°
27. Kemampuan yang di uji :
Menghitung besar sudut pada bidang datar.
Indikator soal :
Disajikan gambar sebuah segiempat dengan besar dua buah sudutnya ditentukan dengan
kalimat matematika, peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut segi empat
tersebut.
Soal :
Perhatikan gambar di bawah!
Besar LMN adalah ... .
A. 25
B. 50
C. 75
D. 100
Kunci jawaban : B
O 6x
60
6
O 4X
A 4X B
C
Pembahasan :
K + L = 180 (sudut berpelurus pada segi empat)
2x + (5x + 5) = Jumlah sudut berpelurus pada segi empat
7x + 5 = 180
7x = 180 - 5
7x = 175
x = 175 : 7
x = 25
K = M = 2x (dua sudut berhadapan pada segi empat)
Jadi LMN = 2x
= 2. 25
= 50
28. Kemapuan yang diuji :
Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
Indikator Soal :
Diberikan gambar lingkaran berikut ukuran sudut keliling dan sudut pusat dalam bentuk
variabel peserta didik dapat menghitung nilai variabel
Soal :
Kunci Jawaban : C
Pembahasan : 3600 – 7p = 2 x 4p
3600 = 2 x 4p + 7p
3600 = 15p
p = 240
29. Kemampuan yang diuji :
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
Indikator Soal :
Diberikan dua segitiga yang sebangun dilengkapi dengan sepasang sudut yang sama
besar. Jika diketahui ukuran salah satu sisi segitiga dan ukuran sisi – sisi pada segitiga
yang lain, peserta didik dapat menghitung ukuran sisi yang belum diketahui
(sebaiknya pakai gambar)
B
A
C
O 7p
4p
Lihat gambar di samping!
Titik O adalah pusat ligkaran. Nilai dari p adalah
....
A. 150
B. 200
C. 240
D. 350
Soal :
Pada ABC dan DEF yang sebangun diketahui A= F, AB = 4 cm, DE = 9 cm, DF
= 12 cm, EF= 6 cm Panjang BC dan AC berturut-turut adalah ....
A. 6 cm dan 8 cm C. 10 cm dan 15 cm
B. 6 cm dan 10 cm D. 12 cm dan 10 cm
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
DF
AC
ED
BC
FE
AB
6 9 12
4 BC AC
6BC = 94
BC = 6
6AC = 412
AC = 8
30. Kemampuan yang diuji :
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
Indikator Soal :
Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari tentang tinggi 2 benda dan bayangannya
pada saat yang sama. Peserta didik dapat menyelesaikan dengan menggunakan
kesebangunan
Soal :
Tepat pukul 15.30 panjang bayangan tiang bendera 6 m. Pada saat yang sama seorang
anak yang tingginya 150 cm berdiri 3 meter di depan tiang bendera sehingga panjang
bayangannya 60 cm. Tinggi tiang bendera tersebut adalah ....
A.14 m C. 8 m
B.10 m D. 6 m
Kunci Jawaban : B
Pembahasan : t tiang bendera : t anak = t bayangan bendera : t bayangan anak
t : 80 = 6 : 60
t = 8
31.* Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
* Indikator Soal
Diberikan gambar jajargenjang ABCD yang memuat beberapa pasang segitiga
kongruen , pesert didik dapat menentukan banyak pasangan segitiga kongruen
* Soal
Perhatikan gambar diatas !
Banyak nya pasangan segitiga yang kongruen dari bangun jajargenjang ABCD
di atas adalah ...
A. 2 C. 4
B. 3 D. 8
* Kunci : C
* Pembahasan
Cukup jelas
32. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan unsur – unsur bangun ruang sisi datar
* Indikator Soal
Peserta didik dapat menentukan banyak rusuk pada limas segi-n
* Soal
Banyak rusuk pada limas dengan alas segi-5 adalah...
A.5 C. 10
B.6 D. 15
* Kunci : C
* Pembahasan
Banyak rusuk segi-5 = banyak rusuk alas + banyak rusuk tegak
= 5 + 5 = 10
33. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan jaring – jaring bangun ruang
* Indikator Soal
Diberikan gambar rangkaian persegipanjang , peserta didik dapat menentukan
rangkaian yang merupakan jaring – jaring balok adalah ...
A
D
C
B
* Soal
1 2 3
Dari rangkaian persegipanjang di atas , yang merupakan jaring – jaring balok
adalah ...
A.1 dan 2 C. 2 dan 3
B. 1 dan 3 D. 1
* Kunci : B
* Pembahasan
Cukup jelas
34. Kemampuan yang di uji :
Volume bangun ruang sisi datar
Indikator soal:
Siswa dapat menghitung volume kubus jika keliling alasnya diketahui
Soal :
Jika keliling alas sebuah kubus 32 cm, maka volume kubus tersebut adalah…cm3
A. 324 c. 512
B. 384 d. 1024
Kunci jawaban : c
Pembahasan :
Kalas = 32 cm
4 S = 32
S = 8 cm
V = s3
= 83
= 512 cm3
35. Kemampuan yang diuji :
Volume bangun ruang sisi sisi lengkung
Indikator soal :
Diberi gambar bentuk tabungan dan bola siswa dapat menghitung perbandingan volume
Bangun tersebut
Soal:
Pada gambar disamping sebuah bola dimasukkan
kedalam tabung sedemikian sehingga alas dan
tutup tabung tepat menyentuh sisi bola. Maka
perbandingan Volume bola dan tabung adalah….
a. 4 : 3 c. 2 : 3
b. 3 : 2 d. 1 : 3
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Ttabung= 2 rbola
V bola : Vtabung
r3 : r2t
: 2
2 : 3
36. Kemampuan yang di uji :
Volume bangun ruang sisi sisi lengkung
Indikator Soal:
Diberikan gambar kapsul yang terdiri atas tabung dan belahan bola dengan ukuran tertentu
Siswa dapat menentukan berat kapsul tersebut
Soal :
Perhatikan gambar kapsul disamping yang terdiri
Atas tabung dan belahan bola. Panjang jari jari Dan tinggi tabung berturut turut 42 mm dan
72 mm. Jika berat 100 mm3 = 1 gr, maka berat kapsul tersebut adalah …. ( = 22/7 )
A. 277200 gr C. 138600 gr
B. 2772 gr D. 1386 gr
Kunci jawaban : d
Pembahasan :
Tinggi tabung = 72 mm
Jari jari taabung = 21 mm
V kapsul = V tabung + Vbola
= r2 ( t + r )
= 22/7 x 212 ( 72 + x 21 )
= 1386 x 100
= 138600 mm3
Jika 100 mm3 = 1 gr
Maka 138600 mm3 = 1386 gr
Jadi berat kapsul adalah 1386 gr
114 mm
42 mm
37. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator Soal
Disajikan gambar bangun yang terdiri dari gabungan limas dan kubus, siswa dapat
menghitung luas permukaan bangun tersebut.
* Soal
Gambar bangun di bawah merupakan gabungan limas dan kubus.
Luas permukaan bangun tersebut adalah . . . .
a. 640 cm2
b. 740 cm2
c. 840 cm2
d. 940 cm2
* Kunci Jawaban: B
* Pembahasan
Luas permukaan bangun = (luas selimut limas) + (5 luas persegi)
= (4 L ) + (5 s2)
= (4
2
1 10 132 52 ) + (5 102)
= (2 10 12) + (5 100)
= 240 + 500
= 740 cm2
38. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator Soal
Disajikan gambar bangun tabung dengan kedua ujungnya ditutup dengan belahan
bola yang disertai dengan ukurannya, siswa dapat menghitung luas permukaan tabung
tersebut.
* Soal
Perhatikan gambar!
Luas permukaan bangun tersebut adalah ....
A. 1.396 cm2
B. 1.474 cm2
C. 1.693 cm2
D. 1.936 cm2
* Kunci Jawaban: D
* Pembahasan
Luas permukaan bangun = L. Sel. tabung + L. Bola
= 2 r t + 4 r2
= 2 r ( t + 2r)
= 2
7
22 7(30 + 2 7)
= 44 (30 + 14)
= 44 44
= 1.936 cm2
39. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator Soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan tabung
tertutup, bila diketahui tinggi dan diameternya
* Soal
Di hari minggu, Ani diundang untuk menghadiri acara ulang tahun temannya. Dia ingin
memberi sebuah kado yang akan dibungkus ke dalam karton yang dibentuk menjadi tabung
tertutup. Jika tinggi tabung yang akan direncanakan 15 cm dengan diameter 14 cm, maka
luas karton minimal yang diperlukan untuk membuat bungkus kado tersebut adalah . . . .
a. 660 cm2 c. 2.310 cm2
b. 968 cm2 d. 2.552 cm2
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
Luas permukaan tabung = 2 r (t + r)
= 2
7
22 7 (15 +7)
= 44 22
= 968 cm2
40. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari
* Indikator Soal
Disajikan tabel frekuensi nilai hasil ulangan matematika, dengan menafsirkan tabel
tersebut siswa dapat menentukan banyak siswa yang nilainya di bawah nilai rata-rata.
* Soal
Perhatikan tabel hasil ulangan matematika berikut!
Nilai Siswa 5 6 7 8 9 10
Banyak siswa 6 7 7 8 4 1
Berdasarkan data pada tabel di atas, banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah
rata-rata adalah … orang.
A. 11 C. 14
B. 13 D. 20
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
Rata-rata =
6 7 7 8 4 1
30 42 49 64 36 10
=
33
231
= 7
karena nilai rata-rata = 7 maka banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah 7 adalah
6+7 = 13 orang
41. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari
* Indikator Soal
Diberikan data nilai 2 kelompok, siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan nilai rata-rata.
* Soal
Nilai rata-rata ulangan matematika dari sekelompok siswa adalah 6,5. Jika dalam
kelompok itu bergabung 8 orang siswa dengan rata-rata 7, rata-ratanya menjadi 6,7.
Banyak siswa dalam kelompok semula adalah ... orang
A. 7 C. 14
B. 11 D. 15
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
Misal : Banyak siswa semula = n
= 6,7
6,5n + 56 = 6,7n + 53,8
0,2 n = 2,2
n = 11
42. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari
* Indikator Soal
Diberikan lima buah bilangan siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan nilai rata-rata.
* Soal
Tiga bilangan a, b, dan 25 mempunyai nilai rata-rata 27. Jika lima bilangan yang terdiri
dari a, b, 25, c, dan d mempunyai rata-rata 41, maka rata-rata dari c dan d adalah ....
A. 28 C. 62
B. 31 D. 124
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
= 27
a + b = 81 – 25 = 56
= = 41
c + d = 205 – 81 = 124
rata-rata = = 62
43. Kemampuan yang diuji :
Menyajikan dan menafsirkan data
Indikator Soal :
Diberikan sebuah diagram batang, peserta didik dapat menentukan mata pelajaran yang
nilainya dibawah rata-rata
Soal :
Perhatikan gambar diagram dibawah ini !
80
70
60
50
40
30
20
Nil
ai
55
10
0
B.Ind B.Ing Mat. IPA IPS
Mata pelajaran yang nilainya dibawah rata-rata adalah….
A. IPA, B.Ing, IPS
B. B.Ing, IPS
C. B.Ing.
D. IPS
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Nilai rata-rata ( mean ) = Jumlah Nilai : Jumlah mata pelajaran
= 55 + 40 + 70 + 50 + 30 = 245
5 5
= 49
Jadi mata pelajaran yang dibawah rata-rata adalah B.Ing dan IPS
44. Kemampuan yang diuji :
Menyajikan dan menafsirkan data
Indikator Soal :
Diberikan sebuah diagram lingkaran yang mencantumkan persentase setiap sektor, peserta
didik dapat menentukan besar sudut pusat pada sektor tertentu
Soal :
Perhatikan diagram disamping !
Sudut pusat untuk data bulan Januari pada diagram
lingkaran ini adalah … .
a. 15°
b. 24°
Mei Januari
10%
April
25%
Februari
20%
Maret
30%
c. 34°
d. 54°
Kunci Jawaban: D
Pembahasan :
Besarnya persentase untuk bulan Januari adalah:
100% – ( 10% + 20% + 30% + 25% ) = 15 %
Besar sudut pusat untuk bulan Januari = 15% x 3600
= 540
45. Kemampuan yang diuji :
Menyajikan dan menafsirkan data
Indikator Soal :
Diberikan sebuah diagram garis, peserta didik dapat menafsirkan data yang terdapat
pada diagram tersebut.
Soal : Perhatikan grafik garis disamping !
Nilai rata-rata data pada grafik tersebut adalah….
0
2
4
Tes
1
Tes
2
Tes
3
Tes
4
Tes
5
6
8
a. 6,0
b. 6,1
c. 6,2
d. 6,5
Nil
ai
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Jumlah nilai = 6 + 5 + 5 + 7 + 8 = 31
Banyaknya tes = 5 kali
Nilai rata-ratanya = 31 : 5 = 6,2
No comments:
Post a Comment