Total Pageviews

Tuesday, February 15, 2011

CONTOH SOAL UAN MATEMATIKA smp/mts lengkap

UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2003/2004
SMP/MTs
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan – BALITBANG - DEPDIKNAS
03-04 C3-P17-01-14
Matematika (C3)
PAKET 2 (UTAMA)
SELASA, 25 MEI 2004
Pukul 07.30 – 09.30
DOKUMEN NEGARA
SANGAT RAHASIA
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
2
03-04 C3-P17-01-14
PETUNJUK UMUM
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar jawaban yang disediakan!
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya!
3. Jumlah soal sebanyak 40 butir, setiap butir soal terdiri atas 4 (empat) pilihan
jawaban!
4. Laporkan kepada pengawas ujian kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak
atau jumlah soal kurang!
5. Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian, bila diperlukan!
6. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian!
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, kamus, hp, tabel matematika, atau alat
bantu hitung lainnya!
1. Sekelompok anak balita datang ke Puskesmas, 4 anak telah di imunisasi folio dan
cacar, 8 anak telah di imunisasi folio, 6 anak telah di imunisasi cacar, dan 5 anak
belum di imunisasi. Banyaknya anak balita yang datang ke puskesmas adalah ....
a. 3 anak
b. 4 anak
c. 7 anak
d. 15 anak
2. Hasil dari 4
5
2 3
4
5 1
3
2 + − adalah ....
a. 7
60
19
b. 8
20
8
c. 11
20
19
d. 12
20
7
3. Perhatikan gambar berikut:
Yang bukan jaring-jaring kubus adalah ….
a. (i)
b. (ii)
c. (iii)
d. (iv)
(i) (ii) (iii) (iv)
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
3
03-04 C3-P17-01-14
4. Perhatikan gambar.
Besar sudut ABC adalah ....
a. 140o
b. 100o
c. 80o
d. 40o
5. Perhatikan gambar di samping ini!
Besar ∠DBC adalah ....
a. 350
b. 750
c. 1050
d. 1450
6. Jika ∠ AEC =
7
5 ∠ BEC, maka ∠ AED + ∠ BEC = ....
a. 1900
b. 2000
c. 2100
d. 2400
7. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!
Bangun-bangun di atas yang mempunyai pusat simetri adalah ....
a. I dan II
b. I dan IV
c. II dan III
d. II dan IV
8. Perhatikan himpunan-himpunan berikut ini:
A = {kota kelahiran}
B = {golongan darah}
C = {bulan kelahiran}
Himpunan siswa di sekolahmu adalah domain suatu relasi. Agar terjadi pemetaan,
maka dari ketiga himpunan di atas yang dapat menjadi kodomain adalah ....
a. A dan B
b. A dan C
c. B dan C
d. A, B dan C
B
A
5 x C 0
60o
7 x0
(2x + 5) 0
A B
3x 0
D
C
B
A
C
D
E
I II III IV
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
4
03-04 C3-P17-01-14
9. Bila ditentukan a = 8, b = 10, c = 169, dan d = 225, maka nilai dari
a2 + b2 − c − d adalah ....
a. 7
b. 18
c. 136
d. 144
10. Sebuah mesin penggilingan padi dari pukul 06.00 sampai pukul 09.00 mampu
menggiling 12 kuintal padi. Setelah istirahat satu jam, pekerjaan itu dilanjutkan lagi
sampai pukul 18.00, maka hasil gilingan seluruhnya adalah ....
a. 32 kuintal
b. 36 kuintal
c. 38 kuintal
d. 44 kuintal
11. Panjang rusuk 2 buah kubus masing-masing 3 cm dan 9 cm. Perbandingan volum
kedua kubus tersebut adalah ....
a. 1 : 3
b. 1 : 6
c. 1 : 9
d. 1 : 27
12. Pembangunan sebuah gedung direncanakan selesai dalam waktu 22 hari bila
dikerjakan oleh 20 orang. Setelah dikerjakan 10 hari, pekerjaan dihentikan selama
6 hari. Supaya pembangunan itu selesai tepat pada waktunya, maka diperlukan
tambahan pekerja sebanyak ....
a. 40 orang
b. 30 orang
c. 25 orang
d. 20 orang
13. Amir berkendaraan dari kota A ke kota B yang berjarak 247 km. Jika Amir
berangkat dari kota A pukul 07.20 dan tiba di kota B pukul 10.35, maka kecepatan
rata-rata kendaraan Amir adalah ....
a. 62 km/jam
b. 69 km/jam
c. 76 km/jam
d. 82 km/jam
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
5
03-04 C3-P17-01-14
14. Pada gambar di samping adalah persegi
yang di dalamnya terdapat 4 segitiga
kongruen. Keliling daerah yang diarsir
adalah ....
a. 100 cm
b. 106 cm
c. 108 cm
d. 110 cm
15. ABCD adalah layang-layang dan ABED
persegi. Panjang BD = 10 cm dan BC = 13 cm.
Luas ABCD adalah ....
a. 85 cm2
b. 82,5 cm2
c. 65 cm2
d. 62,5 cm2
16. Perhatikan gambar.
Besar ∠KLM adalah ....
a. 110o
b. 115o
c. 120o
d. 135o
17. Perhatikan tabel!
x 1 2 3 ...
y 7 8 9 ...
Nilai y untuk x = 4 adalah ....
a. 7
b. 8
c. 9
d. 10
14 cm
24 cm
24 cm
A B
D E
C
K
M
L a
b
115o
50o
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
6
03-04 C3-P17-01-14
18. Ada dua buah bilangan. Bilangan yang besar ditambah empat kali bilangan yang
kecil = 99. Bilangan yang kecil ditambah dengan tiga kali bilangan yang
besar = 110. Tiga kali bilangan yang kecil ditambah empat kali bilangan yang besar
nilainya adalah ....
a. 161
b. 175
c. 192
d. 206
19.
Diagram di atas menunjukkan nilai hasil ulangan matematika dan bahasa Inggris
sekelompok anak. Selisih rata-rata nilai kedua pelajaran tersebut adalah ....
a. 0,1
b. 0,2
c. 0,3
d. 0,4
20. Bentuk 81x4 – 625y4 dapat difaktorkan menjadi ....
a. (8x2 – 25y2)(3x + 5y)(3x + 5y)
b. (9x2 – 25y2)(3x − 5y)(3x − 5y)
c. (9x2 + 25y2)(3x + 5y)(3x − 5y)
d. (9x2 + 25y2)(3x − 5y)(3x − 5y)
21. Bentuk sederhana
x 81
2x 5x 3
4
2

− −
adalah ....
a.
(x 9)(x 3)
2x 1
2 + −

b.
(x 9)(x 3)
2x 1
2 − +

c.
(x 9)(x 3)
2x 1
2 + +
+
d.
(x 9)(x 3)
2x 1
2 − −
+
Keterangan
= Nilai matematika
= Nilai bahasa Inggris
Frekuensi
1
2
3
4
5
5 6 7 8
Nilai
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
7
03-04 C3-P17-01-14
22. Suatu tangki berbentuk tabung berisi 704 liter air. Bila tinggi air dalam tangki 1,4
m, maka jari-jari tangki adalah ....
a. 24 cm
b. 30 cm
c. 40 cm
d. 48 cm
23. Sebuah batu bata berukuran panjang 20 cm, lebar 12 cm, dan tinggi 6 cm, dibuat
model dengan panjang 5 cm. Perbandingan volum batu bata model dengan volum
batu bata sesungguhnya adalah ....
a. 1 : 4
b. 1 : 16
c. 1 : 64
d. 1 : 128
24. Sebuah model pesawat, panjangnya 40 cm, lebarnya 32 cm. Jika panjang
sebenarnya 30 meter, maka lebar pesawat sebenarnya adalah ....
a. 42,66 meter
b. 37,50 meter
c. 30 meter
d. 24 meter
25. Pada gambar di samping.
Diketahui panjang AC = BC = 5 cm.
Panjang BD adalah ....
a. 2,5 cm
b. 3 cm
c. (5 2 − 5 ) cm
d. (10 − 5 2 ) cm
26. Bangun PQRS di samping adalah trapesium.
Besar sudut TSR + sudut TPS adalah ....
a. 240o
b. 180o
c. 120o
d. 60o
27. Panjang busur PQ = 11 cm dan besar ∠ POQ = 450.
Panjang OP = ....
a. 7 cm
b. 14 cm
c. 22 cm
d. 28 cm
C
D
A B
o
o
S
P T Q
R
120o
O
Q
P
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
8
03-04 C3-P17-01-14
28. Diketahui besar ∠AOB = 90o, dan panjang
jari-jari lingkaran 7 cm. Luas tembereng
yang diarsir adalah ....
a. 18 cm2
b. 16 cm2
c. 14 cm2
d. 12 cm2
29. Luas segitiga PQR pada gambar di samping
adalah ....
a. 36 cm2
b. 36 3 cm2
c. 72 cm2
d. 72 3 cm2
30. Perhatikan gambar di samping.
Pernyataan berikut:
I. ∠ CAD = 2 × ∠ COD
II. ∠ CBD = 2 × ∠ COD
III. ∠ CAD = ∠ COD
IV. ∠ CAD + ∠ CBD = ∠ COD
Yang benar adalah ....
a. I
b. II
c. III
d. IV
31. Titik R ( −2, 5 ) direfleksikan terhadap garis x = −1, kemudian dilanjutkan dengan
translasi  


 

− 7
3
. Koordinat bayangan titik R adalah ....
a. ( −3, 2 )
b. ( 3, −2 )
c. ( 2, −3 )
d. ( −2, 3 )
32. Titik P(2, −5) dirotasi –90o dengan pusat O(0,0), kemudian dilanjutkan dengan
translasi oleh  


 
 −
6
4
. Jika bayangan dari titik P adalah P1, maka koordinat titik P1
adalah ....
a. (1, 8)
b. (1, 6)
c. (−6, 11)
d. (−9, 4)
A
B
O
P Q
R
12 cm
A C
D
B
o
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
9
03-04 C3-P17-01-14
33. Seseorang berdiri pada jarak 120 meter dari kaki sebuah menara. Sudut elevasi
puncak menara 35o dan tinggi orang itu 1,7 meter (sin 35o = 0,574, cos 35o = 0,819,
tg 35o = 0,700). Tinggi menara tersebut adalah ....
a. 84,0 meter
b. 85,7 meter
c. 92,7 meter
d. 98,7 meter
34. Seorang anak menaikkan layang-layang. Bila sudut antara benang dengan tanah 300
dan panjang benang 300 m (benang dianggap lurus), maka tinggi vertikal layanglayang
dari permukaan tanah adalah ....
a. 100 m
b. 150 m
c. 150 3 m
d. 300 3 m
35.
Gambar di atas menunjukkan barisan dengan pola yang disusun dari batang-batang
korek api. Banyak batang korek api untuk menyusun gambar ke-26 adalah ....
a. 99
b. 103
c. 107
d. 111
36. Bila log 34 = b, maka nilai dari log 312 adalah ....
a. b
b. 2b
c. 3b
d. 4b
37. Grafik fungsi f(x) = –x2 – x + 12 dengan daerah asal {x| –5 < x < 5, x ∈ R}
adalah ....
-3 4
4 1
− 12
x
y
-4 3
4
− 12 1
x
y
-4 3
4
12 1
x
y
-3 4
x
y
4 1
12
a. b. c. d.
C3-P2-2003/2004

Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG DEPDIKNAS
10
03-04 C3-P17-01-14
38. Belahketupat, panjang kedua diagonalnya adalah (5 – x)cm dan (2 + 2x)cm. Luas
maksimum belahketupat adalah ....
a. 5 cm2
b. 9 cm2
c. 10 cm2
d. 17 cm2
39. Nilai minimum fungsi f(x) = x2 + 2x – 3 adalah ....
a. −5
b. −4
c. 4
d. 5
40. Koordinat titik potong sumbu simetri grafik fungsi f(x) = 3x2 + 6x – 7 dengan garis
yang persamaannya y = 9x – 1 adalah ....
a. (−2, −10)
b. (−2, 2)
c. (−1, −10)
d. (−1, −2)

No comments:

Post a Comment