SILABUS
Sekolah : SMP N 2 Ceper
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu per-mainan dan olahraga bere-gu bola besar dengan baik serta nilai ker-ja sama, tole-ransi, percaya diri, kebe ran-ian, menghar-gai lawan, ber-sedia berbagi tempat dan peralatan ● Sepak Bola ● Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
● Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi ● Mengumpan, meng-giring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
.
● Bermain dengan pe-raturan yang dimo-difikasi
Tes Harian
Tes Harian Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap Lakukan mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Observ 6x40 menit Buku teks, bukurefe-rensi, bola kaki, lapangan, peluit, CD, media cetak/ elektronika
1.2. Mempraktikkan teknik dasar salah satu per-mainan dan olahraga bere-gu bola kecil dengan baik serta nilai ker-ja sama, tole-ransi, percaya diri, kebera-nian, menghar-gai lawan, ber-sedia berbagi tempat dan peralatan ● Base Ball ● Menangkap dan melempar bola berpasangan atau kelompok
● Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri ● Menangkap dan me-lempar bola (datar, lambung, mengulir)
● Bermain dengan pe-raturan yang dimo-difikasi Tes Harian
Tes Harian Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap Lakukan menangkapdan melempar bola (datar, lambung, mengulir
Observ 4x40 menit Buku teks, buku refensi, bola softball, lapangan
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.3. Mempraktikan
teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lai, bersedia berbagi tempat dan peralatan Lompat Jauh Gaya Jongkok
Lari Jarak Pendek 50 m
Tolak Peluru Awalan Menyamping ● Menolak tanpa awalan, posisi di udara dan mendarat
● Lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan keberanian
● Berlari dengan menekankan pada gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki
● Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
● Posisi awalan, memegang dan menolak peluru
● Lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain ● Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan
● Teknik dasar di udara
● Teknik dasar men-darat
● Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang di-modifikasi
● Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisi badan pendaratan telapak kaki
● Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
● Melakukan posisi awalan
● Melakukan teknik dasar memegang peluru dan menolak
● Melakukan lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi Tes Harian
Tes Harian
Tes Harian
Tes Harian
Tes Harian
Tes Harian Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes Sikap
Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap
Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap Lakukan lompat jauh gaya jongkok
Observ
Lakukan tes lari jarak 50m
Observ
Lakukan tolak peluru awalan menyamping
Observ 2x40 menit
2x40 menit
2x40 menit Buku teks, buku refensi, lapangan, start block, peluru
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.1. Mempraktikan jenis latihan kekuatan dan daya tahan otot serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2. Mempraktikan latihan daya tahan jantung dan paru-paru serta nilai disiplin dan tanggung jawab
Kebugaran Jasmani ● Latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki, berpasangan atau kelompok untuk pena-naman disiplin dan tanggung jawab
● Latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki berpasangan atau kelompok untuk pena-naman nilai keberanian dan tanggung jawab
• Latihan lari jarak menengah atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab ● Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki
● Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit Tes Harian
Tes Harian Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes keterampilan (unjuk kerja) Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot kaki
Lakukan Tes Kesegaran Jasmani (TKJI) 2x40 menit
Buku teks, buku refensi, matras
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
3.1. Mempraktikan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab
3.2. Mempraktikan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab Senam Dasar
Senam Dasar • Berdiri dengan satu kaki, me-lompat menggunakan satu kaki dan berjalan pada titian dan untuk menanamkan nilai keberanian
• Melakukan sikap lilin, berdiri dengan tangan dan dahi secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan tanggung jawab ● Berdiri dengan satu kaki dari sikap jongkok
● Melompat menggu-nakan satu kaki
● Berjalan pada titian yang dipasang me-lintang (bangku senam)
● Melakukan sikap lilin
● Berdiri dengan tangan
● Berdiri dengan dahi Tes Harian
Tes Harian
Tes Harian
Tes Harian Tes Keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap
Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap Lakukan berdiri dengan satu kaki, melompat dengan satu kaki dan berjalan pada titian
Observ
Lakukan sikap lilin, berdiri dengan tangan dan dahi
Observ 2x40 menit Buku teks, buku referensi, matras
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Standar Kompetensi : 4. Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
4.1. Mempraktikan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
4.2. Mempraktikan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan Senam Irama Tanpa Alat • Melakukan gerak langkah kaki biasa, rapat, keseim-bangan secara berpasangan atau kelompok untuk mena-namkan nilai toleransi dan ke-luwesan
• Melakukan ayunan satu lengan depan, belakang dan samping secara berpasangan atau kelompok untuk mena-namkan nilai toleransi dan keluwesan
• Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memin-dahkan berat badan secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai toleransi dan keluwesan ● Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
● Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
● Melakukan teknik dasar langkah kese-imbangan
● Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, bela-kang dan samping
● Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan Tes
Tes
Tes
Tes Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap
Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap Lakukan gerak langkah kaki biasa, rapat, keseim-bangan
Observ
Lakukan ayunan satu lengan depan, belakang dan samping
Observ 2x40 menit Buku teks, buku referensi, matras, tape, kaset atau CD
Standar Kompetensi : 5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya dada dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
5.1. Mempraktikan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2. Mempraktikan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3. Mempraktikan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab Renang Gaya Dada • Melakukan gerakan kaki re-nang gaya dada secara berpa-sangan atau kelompok
• Melakukan gerakan lengan renang gaya dada secara ber-pasangan atau kelompok
• Melakukan gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok ● Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada
● Melakukan teknik dasar gerakan le-ngan renang gaya dada
● Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapa-san renang gaya dada Tes
Tes
Tes
Tes keterampilan (unjuk kerja)
Tes sikap
Tes sikap Lakukan gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya dada
Observ 4x40 menit Buku teks, buku referensi, kolam renang
Standar Kompetensi : 6. Menerapkan Budaya Hidup Sehat
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
6.1. Memahami pola makan sehat
6.2. Memahami perlunya keseimbangan gizi Kesehatan • Melakukan identifikasi ma-kanan yang dikonsumsi serta mengandung unsur zat gizi
• Melakukan identifikasi ma-kanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh ● Mengkonsumsi ma-kanan yang mengan dung unsure gizi
● Mengkonsumsi ma-kanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Tes
Tes Tes teori Lakukan identifikasi ma-kanan apa saja yang mengandung unsur gizi dan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh 2x40 menit Buku teks, buku referensi, ruang boga
Mengetahui, Klaten, 13 Juli 2009
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
SRI KADARNINGSIH S.Pd Mifta Adi Kurniawan S.Pd.Jas
NIP. 130798038
No comments:
Post a Comment